Selasa, 10 Juli 2012

Semangat Menulis


Semangat menulis

Menulislah dan terus menulis..


Tulisan ini saya beri judul semangat menulis karena saya ingin memulai lagi kebiasaan saya menulis yang pernah saya tinggalkan beberapa bulan terakhir ini. Sebenarnya dari SMA saya suka sekali menulis hanya saja karena beberapa kesibukan dan kemalasan, jadi hilang deh kebiasaan menulis itu :P. Akhir-akhir ini saya sedang gemar-gemarnya membaca sebuah cerpen, biografi atau kisah-kisah inspiratif lainnya, saya jadi termotivasi untuk memulai menulis lagi. Jika mereka bisa membuat karya inspiratif dan menggugah semangat, mengapa saya yang juga masih muda tidak bisa seperti mereka. Saya berkeyakinan tidak ada yang tidak bisa dan tidak ada yang tidak mungkin untuk setiap hal baik yang kita usahakan dan kita panjatkan dalam setiap doa karena Tuhan tidak pernah tidur.  God Always Listening And Understanding.

Menulis itu menyenangkan bahkan bisa mencerdaskan otak kita, tau kenapa? Karena saat kita menulis otomatis kita memerlukan kreativitas dan imajinasi yang tinggi dan itu membuat otak kanan dan otak kiri kita bekerja. Coba deh kalian renungkan ada berapa aktivitas yang kita lakukan saat menulis? Kalu di pikir-pikir kita melakukan dua aktivitas sekaligus secara bersamaan pertama si tangan melakukan tugasnya mengetik/menulis dan si otak melakukan tugasnya berkreasi dan berimajinasi.
Menulis itu menyenangkan bahkan bisa meredakan kegelisahan, kemarahan dan kekesalan di hati kita. Gak percaya? Coba deh kalian kalu lagi marah, lagi galau atau kesel sama seseorang kalian tuangin itu semua lewat tulisan. Kalian bebas mau menulis apa aja, tulislah sesuka hati kalian sampe kalian merasa tenang kembali nah setelah itu kalian baca lagi deh yang uda kalian tulis, pastinya kalian merasa sedikit geli dengan tulisan-tulisan kalian. Eitsss tapi jangan sampe itu tulisan dipublikasiin, karena sebagian besar kalu kalian menulis dengan perasaan seperti itu sadar ga sadar tulisan kalian memojokan seseorang tertentu. Cukup deh tulisan itu kalian simpen buat dokumen pribadi kalian sebagai bentuk intropeksi diri kalian.
Menulis itu menyenangkan bahkan bisa menjadi ladang amal jariyah buat kita, kok bisa ya? Saat tulisan-tulisan kalian itu mengandung ilmu yang bermanfaat bagi yang membacanya dan si pembaca mendapat pengetahuan dan pengetahuan yang baik itu disebar luaskan ke yang lain dan yang lain menerapkannya, bukankah ilmu yang telah kita tuangkan dalam tulisan kita telah menjadi amal jariyah?. Gini deh contoh sederhananya, Ust Yusuf Mansyur membuat sebuah buku nih, buku itu dibeli si A, si A selanjutnya memberitahu si B tentang ilmu yang ada di buku itu, si B yang tadinya suka melakukan maksiat karena telah mendapatkan ilmu dari si A maka si B sedikit demi sedikit meninggalkan perbuatan maksiat itu. Kalu gitu bukankah sangat baik jika kita menulis tulisan-tulisan yang bermanfaat. Amal jariyah ini juga berlaku sebaliknya untuk tulisan-tulisan kita yang tidak bermanfaat yang menimbulkan kemudharatan bagi yang membacanya tinggal kita yang memutuskan mau menulis yang membuahkan amal jariyah pahala atau dosa.
Menulis itu menyenangkan bahkan bisa mengungkapkan sesuatu yang yang tidak bisa kita ungkapkan secara langsung kepada seseorang. Saya pernah menulis tulisan betapa sayangnya saya kepada ibu saya, tapi ini bukan karena saya tidak bisa mengungkapkannya secara langsung kepada beliau hanya saya rasa kurang mengena atau terdengar seperti biasa saja kalu saya mengungkapkannya secara langsung. Saya membuat tulisan berupa “cerpen” untuk beliau, didalam cerpen itu saya sisipkan deh beberapa kata yang menyentuh hati untuk beliau berharap beliau tahu bahwa saya menyayanginya, mengaguminya dan menghormatinya. Dengan menulis juga kalian bisa melakukan permohonan maaf kepada seseorang jika kalian rasa kalian tidak sanggup mengungkapkannya secara langsung.
Semangat menulis, saya bersungguh-sungguh mengajak kalian untuk menulis tapi menulis sesuatu yang bermanfaat. Oea jangan sampe tulisan kalian ada unsur mendzholimi seseorang atau menyombongkan diri yahh, mari kita sama-sama belajar menulis yang baik dan bermanfaat. Siapa tahu kelak dengan ide-ide yang kita tuangkan dalam tulisan kita, kita bisa merubah bangsa ini menjadi lebih baik lagi.
Yanne_Y.W
Pajajaran, 23 Juni 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text