Rabu, 19 September 2012

Petualangan hari kedua (masih Solo)

Rugi sekali kalu kamu mengunjungi kota orang tapi kamu tidak meluangkan waktu untuk menjelajahinya, prinsip saya kalu saya ke kota orang minimal saya harus tahu sejarah kota tersebut. Yeah petualangan selanjutnya, saya berkesempatan berkunjung ke Keraton Surakarta, walaupun saya pergi sendirian karna temen saya tidak bisa mengantar. Dengan memberanikan diri ceritanya, pergilah saya ke keraton dengan harga masuk Rp.10.000. selalu ada chemistry kalu saya berkunjung ke tempat-tempat bersejarah. Di Keraton Surakarta kita bisa melihat banyak benda peninggalaan sejarah kerajaan tersebut, sedikit merinding sih pas masuk setiap ruangan soalnya bau kemenyan-kemenyan gitu dan saya sendirian pula. hahaaha

Keraton Surakarta 
suka sama bangunan ini :) (miringkan sedikit kepala anda kekanan hehehe)
Oea ada pengalaman menarik disana, pas ke satu ruangan disana ada abdi dalem yang jaga lengkap dengan pakaian khas Keraton Surakarta. Dia bicara pake bahasa jawa gitu dengan nada yang ga jelas ke saya, makinlah saya ga ngerti. Terus dia nyuru saya duduk di depan kereta yang biasa dipakai keluarga kerajaan sambil berpose. Barulah saya mengerti apa maksdunya, oh dia mau fotoin saya mungkin karena dia tau saya datang sendirian dan tidak bisa ambil gambar saya sendiri. Setelah empat pose diambil saya pun memutuskan untuk mengakhirinya dan bersalaman, sambil mengucapkan terimakasih ternyata dia bilang “sepuluh ribu aja” .. huahhhh hahahha asli ngakak saya :D
ini sebagian hasil fotonya, burem T.T
Tau ga tau ga, ternyata ada perdebatan antara pemilihan kata Surakarta atau Sala. Sebenernya dua kata itu sama-sama ada pada kitab kuno jawa untuk lebih jelasnya kalian bisa langsung berkunjung ke keratonya soalnya saya juga kurang mengerti hehehe. Banyak ilmu yang didapet dari kunjungan saya ke Keraton Surakarta, salah satunya saya jadi mengerti silsilah Dinasti Mataram. Kalu diantara kalian ke Solo, Keraton Surakarta  tempat yang wajib dikunjungi. Rekomendasi banget..
Lihat baik-baik dua abdi dalem tersebut, yang satu lgi asik maenin HP. beda banget sama pengawal di Kerajaan Inggris yang terkenal diamnya, hehehe
Saya menyempatkan salat dzuhur di Mesjid Agung Surakarta, tepat disamping mesjid terdapat Pasar Kelewer. Pasar kelewer ini terkenal murah-murah dan incaran para wisatawan tapi harus jago-jago nawar, karna saya tidak jago nawar jadi saya cuma mampir sebentar kesana. Lanjut ke surabi notosuman yang terkenal  untuk oleh-oleh, 1 dus isi sepuluh untuk yang putih harganya  Rp. 18.000 tapi sayang tidak bisa bertahan lama jadi saya hanya beli sedikit deh.

Surabi Notosuman
Perjalanan saya dilanjutkan ke Tawangmangu-Karang Anyar, kali ini petualangan saya ditemani teman saya Dhana. Dari Kota Solo ke Tawangmangu cukup jauh ternyata sekitar 2 jam, kalu diibaratkan Tawangmangu itu kaya Puncak Bogor atau Lembang Bandung. Udara disana sejuk banget. Oea karna sudah terlalu sore jadi saya belum sempet sampai ke tujuan tempatnya, Insya Allah kalu ada kesempatan dilanjut lagi ke Tawangmangunya.


sebelum pulang mampir makan dulu di Karangpandan, harganya murah banget, rasanya maknyusss..

Menunya khas Jawa Tengah 
Sebelum pulang ke Bandung saya menyempatkan diri ke Taman Balekembang, tau kan Taman Budaya Bandung yang ada di Dago? Taman Balekembang juga fungsinya sama suka dipakai untuk acara kebudayaan tapi ditaman ini lebih luas dua kali lipat dari Taman Budaya Bandung. Kerenlah Solo tempat-tempat kebudayaan seperti ini banyak sekali di Solo.
Akhirnya saya harus mengakhiri petulangan saya di Solo, semoga Allah mengizinkan saya untuk kembali lagi kesini. Aamiin Allahuma Aamiin



Taman Balekembang ^^
Nb : hari ini petulangannya masih sendiri dulu, kelak jika kamu sudah ada disamping saya kita berpetualng bersama ^^ (suami saya maksudnya hahhaa)

 Bogor, 19 September 2012

1 komentar:

  1. yaahhh begitulah soloku, banyak hal yg gg hanya menjadi mimpi, tp itulah yg bisa solo berikan bwt anda anda yg sedang bermimpi,, keajaiban sebuah kota kecil yg sangat sangat sayang jika diabaikan,..

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

Sample Text